Wednesday, January 4, 2012

" MO "

Si ade ( sebutan anak kami yang ke-2, tapi bukan yang terakhir ya.... niat nambah lagi he...he...he...) berusia 3 tahun, namun di usianya yang sekarang dalam berkomunikasi dia belum lancar, masih banyak kata-kata yang belum jelas diucapkannya. tapi dia anak yang enerjik ( bener ga tuh tulisan ??? ) sebut saja dia kinestetik. meskipun dia belum lancar berkomunikasi tapi dia mengerti apa yang saya sampaikan. dia mengerti jika saya memintanya untuk mengambilkan sesuatu.

Malam tadi, sebelum kami semua terlelap, saya melihat ada yang tidak biasa yang dilakukannya. dia memainkan boneka hewan yang jenisnya pun ga jelas ( dia seperti kuda tapi bertotol-totol trus ada tanduknya pula, ayo tebak hewan apakah itu ???? ) sudahlah yang jelas si ade terlihat menyukainya. padahal mainan itu sudah lama ada di dalam box mainan. tapi baru semalam disentuhnya, mungkin karena teksture bulunya yang lembut sehingga dia tertarik memainkannya.

Melihat hal itu, aku langsung ikut bermain bersamanya. " Ade, bonekanya namanya siapa? " tanya ku. dia menjawab " siapa?". " eeemmm... gimana klo namanya " MO " kata ku. lalu dia memanggil boneka itu " Mo....Mo....Mo...". tapi ada manfaatnya juga untuk dirinya, dengan adanya si Mo, dia jadi berkomunikasi dengan bonekanya itu. ada banyak kata-kata yang keluar ketika dia berbicara dengan Mo, " Mo...bobo ", " Bangun...bangun Mo ", " Mo...mam ( makan ) ", " Mo... mandi ", " dadah.....Mo ", " Mo.. ee ( pup ) ". bahkan si Mo diajak menari dengan nyanyian " param pam pam 2x guli guli guli guli pam pam pam ". Pokoknya ada manfaatnya deh untuk melatih dia berkomunikasi.

Mungkin hal di atas bisa dijadikan tips bagi anda yang punya anak belum lancar berkomunikasi, karena memang anak kecil itu suka dengan teman khayalan ( imajinasi ) mereka.

No comments:

Post a Comment