Monday, January 9, 2012

" Ku mohon...berhentilah Ayah "

Pagi ini, aku mengajar IPS di kelas 8 dengan materi penyimpangan sosial di masyarakat. Diantaranya aku jelaskan ke mereka bahayanya penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja, salah satunya aku juga menjelaskan tentang bahayanya merokok. Aku tampilkan cuplikan film dan video tentang bahayanya merokok dan menghisap asap rokok bagi perokok pasif terhadap tubuh kita.

Setelah mereka melihat tanyangan itu, mereka ngeri/ketakutan melihat otak dan paru-paru yang rusak akibat asap rokok. Aku sampaikan juga ke mereka untuk tidak sekali-kali mereka mencoba untuk merasakan rokok. Dan jika ada orang disekitar kita yang merokok, kita harus berkata tegas agar orang tersebut mematikan rokoknya atau kita menghindar / menjauh dari orang tersebut.

Tiba-tiba, ada seorang anak bertanya kepadaku, " Bu Ida, ayah saya merokok dirumah, bagaimana nih bu?" tanyanya. Aku menjawab " katakan ke ayah, bahayanya merokok bagi tubuh dan memintanya untuk berhenti merokok " kemudian dia kembali berkata " sudah bu, saya sudah bilang ke ayah berkali-kali dan ayah pun juga tahu tentang bahayanya merokok, tapi tetap ga mau berhenti " aku kasihan melihat wajahnya, lalu aku hanya bisa menjawab " kamu coba terus untuk mengingatkan ayah ya...sambil kamu berdoa sama Allah agar ayah mau berhenti merokok ". dia terdiam menunduk.

Wahai para ayah tolonglah..... sadari dirimu, disekelilingmu banyak orang-orang yang engkau cintai dan engkau sayangi, jika kau mencintai dan menyayangi mereka, maka berhentilah untuk merokok karena dengan asap rokok yang kau keluarkan itu dapat menyebabkan kematian untuk orang-orang yang kau cintai itu.

No comments:

Post a Comment