Monday, May 10, 2010

Speaking to an Audience

Berbicara kepada siapapun bisa menyenangkan dan menarik. Namun, kurangnya persiapan atau tidak jelas mendefinisikan tujuan presentasi dan audiens yang bisa membuat presentasi terbaik- menjadi bencana.

Persiapan - Berbicara Kunci Sukses ...

Untuk memastikan presentasi Anda efektif, pertama menentukan tujuan Anda. Tanyakan kepada diri sendiri:

* Mengapa saya memberikan presentasi?
* Apa yang hrus saya lakukan agar audiens dapat mengambil makna dari presentasi saya?

Kedua, menentukan audiens Anda. keakraban mereka dengan topik presentasi akan menentukan tingkat di mana posisi Anda pada saat presentasi berlangsung.

Bagaimana Struktur Presentasi Anda?

Begitu Anda telah menentukan tujuan presentasi Anda secara obyektif dan secara keseluruhan, serta siapa audiens nya, saatnya untuk membuat struktur presentasi Anda. Anda harus memulai proses ini dengan menentukan panjangnya presentasi.

Ambil waktu yang diberikan dan pecah menjadi segmen yang lebih kecil, dimana setiap segmen memberikan makna tertentu (semua yang mencerminkan tujuan keseluruhan presentasi). Sebagai contoh, segmen GURU TELADAN, mulai dengan presentasi pengenalan. Di segmen ini, Anda harus memberikan ikhtisar dari presentasi Anda, atau ringkasan pendek dari pidato Anda, menjelaskan topik, mengapa Anda meliputi topik ini, dan apa yang telah Anda capai.

Sekali Anda telah mengembangkan pengantar dan menggambarkan segmen berikut, luangkan waktu memikirkan kesimpulan dari presentasi. Pengenalan/pendahuluan presentasi dan kesimpulan dari presentasi adalah bagian paling penting dan harus memiliki dampak paling kuat. Mencapai Kejelasan dan Dampaknya kepada para audiens.

Presentasi Anda singkat dan sederhana. audiens Anda tidak akan ingat setiap titik dari presentasi Anda, sehingga sorot bagian yang paling penting. Semakin lama presentasi, semakin tinggi risiko kebosanan.

Jika ragu, gunakan "kirim" mereka "struktur:

* Katakan kepada mereka apa yang Anda akan memberitahu mereka (Misalnya, "Dalam presentasi ini saya akan menunjukkan") ....
* Katakan kepada mereka pokok-pokok, memperluas dan menggambarkan masing-masing, jelas dan ringkas.
* Beritahu mereka tentang apa yang akan Anda lakukan selanjutnya/ sekedar mengingatkan (Misalnya, "Sebagai penutup ..." atau "Secara ringkas ...") dan menyimpulkannya.

Memperkuat Pesan Anda Dengan bantuan Visual

Selanjutnya, pertimbangkan penggunaan alat bantu visual. proyektor slide, proyektor, video/VCD/DVD dan komputer/Laptop harus diuji terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mereka beroperasi dengan benar dan pastikan bahwa Anda tahu cara menggunakannya.

Pastikan Anda tidak menjejalkan terlalu banyak informasi ke setiap tampilan gambar, dll. Aturan praktis yang baik untuk mengikuti adalah untuk menjaga setiap visual untuk enam baris atau kurang. Selain itu, pastikan semua jenis atau grafis cukup besar, sehingga audiens dapat melihat dengan jelas (dari semua kursi) dan pastikan warna-warna yang digunakan adalah warna yg soft/lembut pada mata, dengan mempertimbangkan pencahayaan tentunya.

Fakta yang menyedihkan adalah bahwa banyak dari penampilan Anda akan dinilai oleh kualitas slide Anda - sehingga Anda harus memastikan bahwa desainnya sesuai/ mendukung gaya Anda.

Overhead/slide harus ditandai dengan jelas dan diatur dalam urutan sebelumnya. Flip grafik harus dipersiapkan sebelumnya bila memungkinkan, membuat cetak cukup besar untuk semua peserta agar dapat terlihat.

Bila menggunakan berbagai visual ini, jangan membelakangi penonton. Posisikan diri Anda sehingga Anda dapat menggunakan visual dengan nyaman dan tidak menghalangi atau mengganggu audiens.

Pemetaan lingkungan

Jika memungkinkan, kunjungi ruang di mana Anda akan membuat presentasi. Tentukan tempat duduk (tempat duduk lingkaran mendorong interaksi, barisan kursi berderet memecah interaksi, dll) dan menentukan bagaimana alat bantu visual yang Anda pilih akan bekerja. Pertimbangkan pencahayaan, ruang, bahkan temperatur ruangan. Pertimbangkan penempatan notes dan pensil di kursi masing-masing jika peserta perlu mencatat.

Meskipun Anda tidak perlu menghafal seluruh presentasi Anda, membuat diri Anda sangat, sangat akrab dengan itu melalui beberapa latihan berjalan. Berlatih presentasi secara keseluruhan sesering Anda dapat sebelum memberikan ke audiens yang hidup. Semakin Anda berlatih, semakin percaya diri Anda, akan semakin lancar dan Anda akan tampak sangat menguasai bagi audiens Anda - jika Anda tahu subyek Anda dan telah cukup siap, Anda akan dapat menyampaikan pesan Anda dengan percaya diri dan jelas.

Bila ragu-ragu atau gugup, tetap terfokus pada tujuan Anda - bantulah audiens memahami pesan Anda. Para penonton datang untuk mendengarkan presentasi Anda dan Anda akan berhasil!

Tips dan Teknik

Tips untuk membantu membuat presentasi Anda sukses besar:

* Hindari terlalu banyak statistik dan informasi yang membingungkan dalam presentasi Anda. Sebaliknya, menempatkan informasi ini dalam sebuah handout untuk peserta untuk lihat di kemudian hari.
* Jika Anda lupa kata-kata Anda, berhenti sejenak dan ingat tujuan Anda. Sementara kata-kata mungkin tidak datang kembali kepada Anda, ini akan membantu Anda tetap di jalur dan bahkan dapat membantu Anda untuk memikirkan pikiran tambahan dan ide-ide, audiens Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih.
* Visualisasikan diri Anda berhasil.
* Mulailah dengan bernapas.
* Sebelum presentasi, fokus pada kebutuhan penonton.
* Ambil kursus berbicara di depan umum di sebuah perguruan tinggi lokal atau universitas. Program-program tersebut seringkali ditawarkan sebagai program malam hari dan biasanya sangat murah, dengan mengikuti keterampilan presentasi dll akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.
* Anda bisa merekam Video anda sendiri saat presentasi. Yang perlu Anda lakukan adalah sebuah kamera video dan tripod. Kemudian, jalankan video, putar ulang dan edit sesuai dengan pikiran Anda saat presentasi.

SPEAKING TO THE AUDIENCES....SIAPA TAKUT !!!!

No comments:

Post a Comment